Thursday, 28 December 2017

Teks Eksposisi, Deskripsi, Prosedur, dan Biograf lengkap sesuai kurikulum sekarang


Melengkapi Unsur Teks Eksposisi, Deskripsi, Prosedur, dan Biografi

https://brainofayn.blogspot.co.id/2017/12/teks-eksposisi-deskripsi-prosedur-dan.html

 Teks disebut juga bacaan. Bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf terdiri atas beberapa kalimat Paragraf adalah unit terkecil karangan yang terdiri atas kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas atau gagasan penjelas. Paragraf yang baik harus memenuhi kriteria berikut.

1. Memiliki satu ide pokok atau satu pikiran utama dan beberapa pikiran penjelas.
2. Antarkalimat saling bertautan (berkoherensi) sehingga membentuk satu kesatuan.

Dalam melengkapi unsur teks, Anda harus memperhatikan koherensi. Koherensi perlu penataan urutan kalimat yang sistematis. Tanpa urutan baik, koherensi tidak akan kita peroleh Penanda koherensi antara lain pengulangan katalfrasa kunci, kata ganti, konjungsi antarkalimat, dan situasi. Konjungsi antarparagraf pada dasarnya sama dengan konjungsi antarkalimat.

Anda harus menentukan kalimat gagasan utama dari beberapa kalimat yang disediakan. Kalimat gagasan utama menggunakan kata-kata bermakna umum. Setelah itu, barulah Anda mencari kata kunci dari setiap kalimat. Kata kunci tersebut digunakan untuk menentukan gagasan utama.

1. Teks Eksposisi

Menurut Gorys Keraf dalam Eksposisi dan Deskripsi, eksposisi atau pemaparan adalah salah satu bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran. Pokok pikiran tersebut dapat memper luas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Secara umum, teks eksposisi merupakan bacaan yang memaparkan sejumlah penge- tahuan atau informasi. Penulis berusaha mem- beritahukan, memaparkan, menguraikan, atau menerangkan sesuatu kepada pembaca.

Tujuan yang ingin dicapai penulis adalah agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.

Ciri-ciri teks eksposisi sebagai berikut.

a. Penulis berusaha menjelaskan sesuatu se- cara objektif, tidak ada unsur-unsur bersifat subjektif.

b. Gaya penulisan bersifat informatif. Tujuan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah pengetahuan pembaca. Selain itu, eksposisi memberi informasi sejelas- jelasnya tentang masalah yang dipapar kan.

c. Teks memuat fakta, gambaran peta, dan angka-angka yang terdapat di lapangan Fakta dipakai sebagai bentuk penyumbang utama dan bersifat konkret.

Struktur teks eksposisi terdiri atas tiga bagian. Pertama, bagian tesis merupakan pen dapat atau opini. Kedua, bagian argumentasiTeksu alasan yang merupakan isi. Ketiga, bagian penegasan ulang dari pendapat sebelumnya yang merupakan bagian penutup.

2. Teks Deskripsi

Teks deskripsi berisi penggambaran sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digam- deskripsi menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci Aspek yang digambarkan, misalnya tentang keindahan alam, keadaan jasmani, watak, atau perasaan seseorang.

Ciri-ciri teks deskripsi sebagai berikut.
 a. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

 b. Melibatkan kesan indra sehingga gambaran objek menjadi jelas.

c. Membuat pembaca atau pendengar me- rasakan sendiri atau mengalami sendiri terhadap objek yang diamati penulis

d. Menjelaskan secara terperinci ciri-ciri objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek Struktur teks deskripsi terdiri atas identifi kasi dan deskripsi. Identifikasi berupa gambar- an umum tentang suatu objek.

Bagian deskripsi berisi ciri-ciri khusus benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan

3. Teks Prosedur

 Teks prosedur adalah jenis yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. membuat atau mengoperasikan se- Proses suatu dikerjakan melalui langkah- langkah sistematis dan teratur. Langkah-langkah dalam eks prosedur harus dilakukan agar suatu tindakan dapat terlaksana dengan baik. Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutan- nya. Langkah awal menjadi penentu langkah- langkah berikutnya.

Ciri-ciri kalimat dalam teks prosedur se- bagai berikut.

a. Menggunakan pola kalimat perintah yang berupa:
1) kata kerja tanpa imbuhan me
2) partikel -lah, dan
3) kata larangan jangan.

b. Teks prosedur kadang-kadang mengguna kan bentuk saran, seperti sebaiknya dan hendaknya.

c. Kalimat yang digunakan jelas, logis, dan singkat.

 Struktur teks prosedur terdiri atas tujuan dan langkah-langkah Tujuan dalam teks prosedur adalah hasil akhir yang akan dicapai. Langkah- langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai.

4. Teks Biografi

 Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi secara sederhana, dapat dikatakan sebagai kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, tetapi juga dapat berupa lebih dari satu buku.

Biografi menganalisis dan menerangkan kejadian-kejadian hidup seseorang. Biografi sering menceritakan seorang tokoh sejarah.

Tidak jarang juga biografi menceritakan orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema- tema utama tertentu. Tema-tema tersebut misalnya "masa-masa awal yang susah" atau "ambisi dan pencapaian". Walaupun begitu, ada beberapa biografi yang fokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu