Thursday, 5 April 2018

5 Tips Pengobat dan Penyelamat Hati // Galau, Masalah, Keputusasaan


https://brainofayn.blogspot.com/2018/04/5-tips-pengobat-dan-penyelamat-hati.html
Image.Ilustrasi


Tips Pengobat dan Penyelamat Hati- Kita sebagai Insan tentunya tidak dapat terlepas dari yang namanya masalah. Setiap orang memiliki dan pernah merasakan apa yang namanya masalah. Seringkali masalah datang dari hati yang sedang kurang bersahabat. Karena kita punya pedoman dan petunjuk dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi kita, kita tidak perlu cemas dan bingung apalagi sampai berputus asa dalam melewati segala rintangan masalah yang sangat berat. Tentunya untuk mengobati hati membutuhkan penyelamat atau cahaya yang dapat menyelamatkan dari kegelapan, keputus asaan, dan kekerasan hati untuk bisa mencapai kehangatan dan keceriaan dalam hati. Yang perlu kita lakukan untuk mengobati hati kita adalah dengan sadar diri akan kita sebagai insan Allah SWt dan disini saya mencoba memberikan beberapa Tips Pengobat Hati yaitu sebagai berikut;

Baca Juga 
13 Pintu- Pintu Rezeki Ajaran Allah SWT dan Rasul-Nya Sesuai Al- Qur'an dan Hadits

Tips Pengobat Hati:

1. Bacalah Al-Qur'an beserta Maknanya

Dengan Membaca Al-Qur'an tentunya membuat hati kita menjadi tenang dan semakin dekat dengan Allah SWT. Tahukah kamu, Al-Qur'an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan dengan membaca Al-Qur'an merupakan Ibadah. Selain itu Al-Qur'an merupakan pedoman hidup manusia, oleh karena itu dalam segala hal sebaiknya selalu melibatkan Allah SWT dengan cara salah satunya membaca Al-Qur'an. Hal ini dikarenakan seperti yang kita tahu bahwa Al-Qur'an terjaga keaslian isi kandunganya karena Al-Qur'an secara langsung dijaga oleh Allah SWT. Mengapa Membaca Al-Qur'an perlu dengan Maknanya?? yaa, karena dengan kita membaca Al-Qur'an beserta maknanya atau artinya kita bisa mengetahui isi dari ayat-ayat suci Al-Qur'an yang ada. Mungkin karena saya masih belajar dan masih belum bisa memahami ayat-ayat Al-
Qur'an secara langsung, so saya perlu membaca terjemahan dari ayat-ayat suci Al-Qur'an untuk memahami dan mengerti setiap makna per ayat Al-Qur'an.

2. Dirikanlah Shalat Malam, seperti Shalat Tahajjud,dsb.

Untuk benar-benar mengobati hati kita yaitu dengan cara mendekatkan diri kita kepada sang pemilik segalanya yaitu Allah SWT dengan cara mendirikan Shalat Tahajjud di sepertiga malam. Mengapa hal ini perlu?? yaa, karena di sepertiga malam malaikat turun ke bumi untuk menemui para insan yang memanjatkan do'a kepada Allah SWT. Akan hal itu, sangat di anjurkan saat kita sedang mengalami kesusahan, kesedihan, kesenangan,kebahagiaan dan dalam mengobati hati untuk memohon kepada Allah SWT disaat malaikat turun ke bumi yaitu di sepertiga malam.

3. Berkumpullah dengan Orang-Orang yang Baik Amal dan Perbuatannya (Shaleh)

Tak dapat dipungkiri bahwa pergaulan mempengaruhi karakter kita sebagai makhluk sosial. Dengan berkumpul pada Orang-orang yang Amal dan perbuatannya baik dan juga shaleh maka secara tidak langsung kita akan mencontohnya. Selain itu, dengan berkumpul denganorang shaleh maka kita akan mendapat ilmu dan juga ajaran untuk melalui kehidupan ini, seperti mengobati hati kita yang sedang dilanda masalah yang sulit untuk diobati. Dan juga, kita akan mendapat pergaulan dan bimbingan yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang merupakan manusia pilihan Allah SWT dan merupakan manusia yang paling sempurna di muka bumi ini.

Baca Juga
Adab Membaca Al-Qur'an // Alasan Disunnahkan Membaca dengan Suara Yang Bagus Lagi Merdu

4. Berbanyak berpuasa yaitu Puasa Sunnah seperti Puasa Senin-Kamis,dsb. dan Puasa Wajib seperti Puasa Ramadhan

Berpuasa akan menjadikan kita menjadi insan yang memahami tentang kehidupan ini. Kita dilatih untuk menjaga segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT. seperti Zina, dan perbuatan lainnya yang dilarang. selain itu dengan berpuasa melatih kita untuk selalu berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan. Dan juga membuat kita untuk memiliki rasa tenggang rasa kepada sesama sebagai mestinya kita makhluk sosial. Dan dengan memperbanyak berpuasa maka hati kita akan terjaga dari berbagai masalah yang ada menimpa dan juga dapat mengobati hati yang sedang dilanda masalah seperti galau, putus cinta (mungkin), di PHK, ditinggal rabi(wkwkw) dsb.

5. Perpanjanglah Zikir Malam

Berzikir berarti menyebut dan memuji nama-nama Allah SWT atau juga bisa diartikan sebagai mengingat Allah SWT. dengan memperpanjang zikir malam maka akan mendapatkan efek dan pengaruh yang sangat berperan dalam mengerangka dan mengonstruksi mental dan moral manusia.
Berikut pengaruh Zikir bagi Mental dan Moral:
  1. Selalu Mengingat Allah SWT sebagaimana kita merupakan Hambanya
  2. Sebagai Penenang dan Pengobat hati
  3. Sebagai Penentram Hati yang sedang ganduh, galau
  4. Senantiasa Merasa Takut akan Allah SWT
  5. Sebagai Pengampunan Dosa-dosa Yang Telah Diperbuat
  6. Mendapat serta Menuai Hikmah dan Ilmu yang Bermanfaat.
Baca Juga 
Janganlah Bersedih!! Motivasi Disaat Kamu sedang Melalui Masa- Masa Sulit

KESIMPULAN
Untuk mengobati hati kita perlu sadar akan sebagai insan Allah SWT. dimana kita punya Allah sebagai Tuhan kita yang sudah merencanakan apa yang sedang dan akan terjadi. Jadi, kita hanya perlu bersabar dalam mengobati masalah hati yang menimpa.