Sunday, 22 April 2018

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menuju Bulan Ramadhan


Brainofayn- 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menuju Bulan Ramadhan supaya Bulan Ramadhan kali ini benar-benar berkah dan semoga kita termasuk insan yang bisa bertemu dengan Bulan Suci Ramadhan. Selain itu Cara yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bulan Ramadhan ini insyaallah sesuai dengan tuntunan ajaran agama islam.


https://brainofayn.blogspot.com/2018/04/7-hal-yang-perlu-dipersiapkan-menuju.html
Iulstrasi Persiapan Ramadhan





Apa yang mesti kita lakuakan sebelum Bulan Ramadhan?

Tak lama lagi kita akan bertemu dengan bulan agung yang datang sekali selama 355 hari yaitu Bulan Ramadhan.
Banyak sekali orang yang menanti-nanti bulan agung itu namun tidak sampai karena sudah didahului oleh ajal.

Banyak sekali cara menyambut bulan agung yang dilakukan, seperti tradisi atau cara yang kerap kali keluar dari tuntunan islam seperti, melepas anak itik dan berlomba-lomba menangkapnya dsb. Hal itu bukanlah sesuai dengan Al-Qur'an dan hadits tetapi itu hanyalah tradisi dari daerah masing-masing.

Lalu Bagaimana Cara Mempersiapkan Bulan Suci Ramadhan?

Berikut 7 Hal dan Cara Mempersiapkan Bulan Suci Ramadhan;

1. Mengenal Apa Itu Bulan Ramadhan


    Jangan sampai bulan ramadhan udah dateng dan kita baru mengetahuinya setelah bulan ramadhan sudah selesai. setelah selesai baru kita menyesal. Oleh karena itu kita harus mengenal apa itu Bulan Ramadhan, apa manfaat Bulan Ramadhan dan apa hikmah Bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan yaitu bulan yang berisi kewajiban untuk puasa wajib ramadhan, bulan turunya Al-Qur'an dsb. Puasa Ramadhan yaitu puasa dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.
Lalu biasanya hal yang dipersiapkan di Bulan Ramadhan salah satunya adalah diawali dengan sahur.Sesuai isi dari sebuah hadits yaitu "bersahurlah kamu sesungguhnya dalam sahur ada sebuah barokah"
Kok Sahur adalah sebuah barokah??

Berikut Barokah dari Sahur di Bulan Ramadhan;

  • Kekuatan Fisik, Jadi apapun alasanya sebaiknya kita melaksanakan sahur, walaupun cuma minum 1 gelas air minum. apabila kita tidak melaksanakan sahur maka kita akan kehilangan barokahnya.
  • Kekuatan Mental, Maksudnya saat kita berniat, maka seluruh tubuh kita akan terkendali karena niat nya sudah diprogram dari hati ke otak. contohnya kalau kita punya sakit maag, kita tidak akan merasakan sakit maag di puasa Bulan Ramadhan, padahal kalau hari-hari biasa yang makan roti, nasi masih saja terasa sakit maag.
  • Melatih untuk Bangun Pagi, Saat kita melaksanakan sahur di Bulan Ramadhan, maka kita akan terlatih untuk bangun pagi dan hal itu biasanya disertai melaksanakan shalat sunnah, maka di bulan selanjutnya setelah Bulan Ramadhan kita akan terbiasa akan hal itu.
  • Mempererat Kekeluargaan, Banyak di zaman sekarang yang orangtuanya bekerja dari pagi hari dan pulang sampai larut malam. Sehingga tidak sempat mengobrol dan memberikan sebuah nasihat atau ilmu kepada anaknya. Oleh karena itu pada saaat sahur dengan suasana yang sunyi dan otak masih dalam keadaan fresh maka pada saat itulah waktu yang sangat tepat untuk mempererat kekeluargaan dalam keluarga. Maka laksanakanlah sahur kalau bisa karena kita tahu barokah sahur sangat penting.

2. Perbaiki Hubungan dengan Allah SWT.

Memperbaiki hubungan dengan Allah SWT yaitu dengan cara bertaubat kepada Allah SWT.

Seperti yang dijelaskan sebuah hadits yang intinya, beristighfar lebih dahulu daripada penyesalan itu seperti mengejek Allah SWT. Tetapi apabila kita menyesal dahulu terhadap apa yang telah kita
lakukan setelah itu beristighfar maka Allah akan memberikan ampunan dan menjanjika surga bagi hambanya. Beristighar atau bertaubat harus ditekankan di dalam hati, diucapkan dengan
lisan dan dilakukannya dengan perbuatan.

3. Memperbaiki Hubungan dengan Sesama

Ada yang menganggap bahwa apabila sudah shalat malam, melaksanakan ibadah haji, melaksanakn puasa sunnah, akan mempunyai hubungan baik dengan Allah SWT dan ampunan-ampunan kita akan
diampuni dengan mudah. tetapi ada hal yang membuat doa-doa kita mengambang yaitu hubungan dengan sesama. oleh karena itu jangan senggan untuk memaafkan dan membantu orang lain. Seperti yang Allah janjikan,
 Apabila engkau sambung hubungan dengan orang lain maka akan Allah sambungkan dengan engkau dan sebaliknya, Apabila engkau putuskan hubungan dengan orrang lain, maka Allah akan memutus hubungan dengan engkau.
Seperti hadits yang isinya, memutus hubungan dengan orang lain akan membawanya ke pintu neraka.

4. Al-Qur'an

Mengapa Al-Qur'an, Ya,  karena Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkanya Al-Qur'an. Oleh karena itu di Bulan Ramadhan perlu perhatian yang lebih pada Al-Qur'an.

Perhatian bisa seperti membeli Al-Qur'an yang isinya lebih lengkap dengan terjemahannya dan juga tajwidnya. Dengan hal ini akan menambah dan memperbaiki perhatianya kita pada Al-Qur'an dan juga agar kita bisa lebih memahami isi kandungan dari Al-Qur'an per ayatnya atau kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan menginstal aplikasi Al-Qur'an yang isinya lengkap dengan terjemah dan tajwidnya.
Al-Qur'an itu akan menolong bagi pembacanya. Jadi manfaatkan bulan Ramadhan untuk membaca dan memahami isi dari kandungan ayat-ayat Al-Qur'an.

5. Budget Tambahan untuk Porsi Makan

Budget yang dimaksud adalah bukan hanya budget makanan untuk kita, melainkan untuk orang lain.
Sesuai hadits, "Barangsiapa yang memberikan bukaan puasa untuk orang yang sedang puasa maka akan mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa"
Sehingga kita akan mendapatkan pahala doubel pada bulan puasa. Tidak harus memberi dengan jumlah yang banyak, tetapi sedikitnya 1 orang mampu memberi 1 bukaan puasa. Jadi, apabila 1000 orang memberi masing-masing 1 bukaan puasa, maka sudah 1000 orang yang membutuhkan bukaan puasa terpenuhi.

6. Melunasi Puasa Wajib Tahun Lalu

Puasa tidak bisa diganti dengan sepuluh ribu istighfar, berhaji 10 kali dan lainya, tetapi puasa bisa diganti di lain hari sesuai hadits. oleh karena itu, lunasi puasa wajib tahun lalu. karena apabila tidak dilunasi, hal itu merupakan hutang kepada Allah dan wajib hukumnya untuk dilunasi karena akan dipertanggungjawabkan besok dihadapan Allah SWT.

7. Menjaga Kesehatan Fisik

Perlu kamu tahu bahwa ibadah itu ada 3 yaitu:
  1. Ibadah Badani
  2. Ibadah Harta
  3. Ibadah Badani dan Harta
Puasa termasuk ke dalam ibadah badani. Oleh karena itu menjaga kesehatan supaya kita bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan. 
Kita jangan lupa bahwa di Bulan Ramadhan membutuhkan kesehatan fisik yang fit. Shalat Tarawih membutuhkan kesehatan fisik, pada waktu sahur membutuhkan kesehatan fisik, dan menahan lapar dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari membutuhkan kesehatan fisik yang benar-benar fit. Oleh karena dalam menyambut Bulan Ramadhan Jangan Lupa untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan sehat.

//Dikutip dari Ust.Abdul Somad,Lc.Ma